Didominasi Kaum Perempuan, Pendaftar Calon Anggota KPPS di Kecamatan Donggo Mencapai 269 Orang

Potret Pendaftaran Calon Anggota KPPS di 9 Desa Kecamatan Donggo 

Visioner Berita Kabupaten Bima-Sejak mulai dibukanya rekrutmen calon anggota KPPS untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2024, Selasa-Sabtu (17-28/9/2024), memasuki hari pendaftaran ke-8 Selasa (24/9/2024), sebanyak 269 orang telah mendaftar sebagai calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayah Kecamatan Donggo. 

Ketua PPK Donggo melalui anggotanya, Muhammad Fachrizqi mengungkapkan jumlah pendaftar calon anggota KPPS pada 9 Desa di Kecamatan Donggo dengan total 38 TPS itu didominasi oleh perempuan.

"Berdasarkan data dari jumlah tersebut, sebanyak 93 pendaftar merupakan laki-laki dan 176 perempuan," terang Fahri saat dikonfirmasi, Selasa (24/9/2024).

Ia juga menjelaskan, bahwa petugas KPPS di setiap TPS terdiri dari 7 orang yang masing-masing memiliki peran dan tugas yang berbeda pada saat pilkada berlangsung. 

"Kecamatan Donggo membutuhkan 266 orang KPPS untuk ditempatkan di 38 TPS dengan masing-masing TPS membutuhkan 7 orang KPPS," jelasnya.

Meski total pendaftar melampaui target, faktanya ada sejumlah TPS yang jumlah pendaftar KPPSnya kurang dari 7 orang. 

"Ada TPS yang jumlah pendaftarnya melebihi dari kebutuhan, ada juga yang masih belum terpenuhi. Nah, hal ini menjadi atensi khusus bagi PPS," katanya.

Lebih lanjut, Fahri menyampaikan proses pembentukan KPPS terdapat beberapa jadwal. Antara lain jadwal pengumuman dan penerimaan pendaftaran calon anggota KPPS mulai tanggal 17 hingga 28 September 2024, jadwal penelitian administrasi mulai tanggal 18 hingga 29 September 2024, pengumuman hasil penelitian administrasi mulai 30 September hingga 2 Oktober 2024, tanggapan dan masukan masyarakat mulai 30 September hingga 5 Oktober 2024, pengumuman hasil seleksi mulai 5 hingga 7 Oktober 2024, dan penetapan serta pelantikan anggota KPPS dilaksanakan pada 7 November 2024.

"Kami masih membuka kesempatan bagi warga untuk ikut pendaftaran KPPS dan apabila membutuhkan informasi persyaratan dan berkas bisa melihat melalui pamflet atau flayer di website atau facebook KPU Kabupaten Bima, atau langsung mendatangi Sekretariat PPS di desa masing-masing," tandasnya. (JOEL/RUDI/AL/DK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.