Transformasi Tamsis Goes to School, dari Kunjungan Motivasi Hingga Pengabdian Penguatan Kapasitas Guru

Tamsis Goes to School

Visioner Berita Kabupaten Bima-Selain wajah bangunan, STKIP Taman Siswa Bima (Tamsis) juga melakukan transformasi sejumlah program. Seperti Tamsis Goes to School yang awalnya berupa diseminasi produk mahasiswa dan kunjungan motivasi, kini juga melakukan penguatan kapasitas guru. Hal tersebut dibuktikan dengan agenda pengabdian oleh tim Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). 

Menyasar SDN Jia dan SDN Inpres Jia, Prodi yang dipimpin oleh Sri Lastuti, M.Pd., itu menggelar pengabdian dengan 4 kegiatan sekaligus. Yaitu, peningkatan kemampuan pedagogi guru, cek kesehatan gratis, literasi-numerasi, dan permainan tradisional untuk mengasah otak.

“STKIP STKIP Taman Siswa Bima memiliki kegiatan yang bernama Tamsis goes to school. Dalam 3 tahun terakhir ini telah konsisten berkunjung ke berbagai sekolah dari jenjang TK, SD, SMP hingga SMA. Pada kesempatan pengabdian ini Sabtu (24/8/2024) akan dilakukan 4 pengabdian. Pertama tentang pendampingan dan peningkatan kemampuan pedagogi guru. Kemudian ada cek kesehatan gratis yang dilakukan oleh teman-teman dari dosen kesehatan (Magister gizi, kesehatan masyarakat dan magister kebidanan). Kemudian ada literasi-numerasi. Selanjutnya ada kegiatan permainan tradisional dalam hal ini permainan permainan yang akan mengasah kemampuan berpikir otak kanan peserta didik,” jelas Ketua Prodi PGSD pada media ini via akun WAnya, Minggu (25/8/2024).

Disampaikannya, bahwa hal tersebut merupakan bentuk kontribusi nyata pihaaknya dalam partisipasi memajukan dunia pendidikan. Terutama ketertarikan guru dalam menemukan model pembelajaran yang kreatif. Dan juga menjadikan pembelajaran sebagai hal yang menyenangkan.

“Hal ini sejalan dengan tagline kampus kami. Yaitu, terus berbagi, tulus mengabdi, meraih ridho ilahi. Jadi Tamsis sangat membuka diri terhadap jika ada pendampingan, pelatihan atau perencanaan positif yang dibutuhkan oleh sekolah,” tegas istri dari ketua Yayasan itu. 

Untuk diketahui, sambungnya, juga saat ini pada waktu yang bersamaan STKIP Taman Siswa Bima sedang menyelenggarakan kegiatan pengabdian yang sama di lokasi yang berbeda, juga sedang berlangsung seminar tentang literasi untuk guru-guru kota dan kabupaten Bima yang berlangsung di STKIP Taman Siswa Bima. 

“Alhamdulillah, ada juga alumni Tamsis yang dulu pernah saya ajar sekarang telah menjadi guru di SDN Jia. Dan diharapkan bisa memberikan citra yang baik bagi kampus yang meluluskannya,” harap Sri Lastuti.

Sebagai penutup komunikasi, Kaprodi PGSD mengaku pihaknya telah melakukan penjaringan dosen internal Prodi PGSD untuk menjadi pemateri untuk penguatan literasi-numerasi di sekolah sekolah yang akan menjadi sasaran pengabdian ke depannya.

“Kami dari Prodi PGSD telah menyiapkan para pemateri yang handal di bidang ini. Sebelumnya juga sudah pernah melakukan pengabdian yang sama di Sumbawa untuk materi yang sama. Dan, para pengisi 4 jenis kegiatan lain mudah-mudahan dapat dimaksimalkan dan semoga bermanfaat,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun media ini, selain untuk warga sekolah, aktifitas pengabdian juga menyasar warga sekitar sekolah.Tim dosen kesehatan dari STKIP Taman Siswa Bima yang terdiri dari Anggih Tri Cahyadi, S.KM., M.Kes, Sriyanti, S.Kep., M.M.Kes., dan Mirham Nurul Hairunis, M.Gz, telah melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dasar di lingkungan sekolah. Pemeriksaan ini meliputi pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT) ideal, pemeriksaan tekanan darah, serta konsultasi kesehatan umum. 

Tujuan dari kegiatan tersebut, untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan sejak dini dan membantu masyarakat dalam memahami kondisi kesehatan mereka. Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari warga sekolah dan masyarakat sekitar. 

Antusiasme warga terlihat dari tingginya partisipasi dalam setiap sesi pemeriksaan dan konsultasi. Melalui kegiatan ini, tim dosen tidak hanya memberikan layanan kesehatan, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat. Program seperti itu diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi bagian dari upaya preventif dalam menjaga kesehatan masyarakat.

Untuk menyukseskan program tersebut, sejumlah mahasiswa yang tengah melaksanakan program PPL KKN Terpadu VIII juga dilibatkan. Pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut adalah SDN Jia dan SDN Inpres Jia. Hadir dalam kegiatan Kepala SDN Jia, Burhan M.Sidik., S.Pd., Kepala SDN Inpres Jia, Junaidin, S.Pd. (Ris)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.