Tahun Ini, Desa Kala Kurban Belasan Ekor Sapi

Momen penyembelihan hewan kurban warga Desa Kala Kecamatan Donggo, dilapangan Bola Desa setempat, Senin (17/6/2024).

Visioner Berita Kabupaten Bima-
Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap Hari Raya Idul Adha umat muslim melaksanakan ibadah kurban bagi kalangan mampu. Di tahun ini, sebanyak 16 ekor Sapi di sembelih oleh warga Desa Kala, Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, pada momentum hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445, Senin (17/6/2024).

Selain itu, warga setempat "potong" 8 ekor kambing. Penyembelihan belasan hewan kurban ini dilakukan di tiga tempat. Yakni, 9 ekor Sapi-3 ekor Kambing di lapangan bola Manggekompo, 2 ekor Sapi Dusun Toke dan 5 ekor Sapi-5 ekor Kambing di Dusun Kala. 

"Tahun ini paling banyak. Di tahun sebelumnya pun banyak juga, tetapi tidak sebanyak ini," ujar Asmadin, ketua panitia Kurban Desa Kala.

Antusias warga Desa Kala Kecamatan Donggo, menyambut Idul kurban diakui tidak pernah tertinggal. Dari tahun ke tahun, daging kurban di Desa setempat tidak pernah kehabisan stok.

"Warga Desa ini patut diapresiasi soal hewan kurban. Padahal, mereka mayoritas petani. Namun yang berkaitan dengan ibadah, semuanya tidak ternilai dimata mereka," akui Asmadin.

Momen Idul Adha Tahun ini, Desa Kala mendapat bantuan 1 ekor Sapi kurban dari H. Jakaria Umar di Jakarta. "Kalau tidak salah, pengusaha sukses itu sudah dua kali dengan ini sumbang sapi kurban untuk Desa ini," sebut Asmadin. 

Dengan jumlah KK sebanyak 530, pendistribusian daging Kurban di Desa Kala berdasarkan kupon. Pada waktu yang ditentukan, warga berbondong-bondong datang ketempat pemotongan daging kurban.

"Biasanya setelah sholat Dzuhur warga datang dengan kupon yang telah dibagikan sehari sebelum Idul Adha oleh panitia. 1 KK dapat satu kupon," tandas Asmadin. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.