Prodi PGSD STKIP Taman Siswa Bima Gelar Sosialisasi Penggunaan SiADAB


Visioner Berita Kabupaten Bima-STKIP Taman Siswa Bima telah melakukan perbaikan sistem admistrasi dengan "peluncuran" SiADAB. Dimasa transisi website tersebut setiap Organisasi Tata Kelola (OTK) diwajibkan untuk melakukan sosialisasi internal. Hal tersebut juga yang menjadi salah satu alasan dari digelarnya sosialisasi penggunaan SiADAB di lingkup prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) kampus setempat, Kamis (13/6/2024). 

Plh. Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Syarifudin, S.Si., M.Pd, saat menyampaikan sambutannya menekankan keharusan OTK untuk melakukan sosialisasi internal penggunaan SiADAB. Menurutnya, dengan mengoptimalkan penggunaan website tersebut akan memungkinkan untuk merekam semua aktivitas administrasi civitas akademika STKIP Taman Siswa Bima.

"Semua proses perkuliahan akan terekam di SiADAB. Melalui Si ADAB, proses perkuliahan Tamsis akan terekam dan tercatat. Baik admistrasi, proses perkuliahan, maupun aktifitas tridarma Perguruan tinggi lainnya. Sebaiknya mahasiswa cek terus perkembangan nilai di SiAdab, agar bisa ajukan komplain atau remidi," ungkap sosok yang akrab disapa Syarif itu. 

Pria yang definitive sebagai Wakil Ketua Bidang Akamidemik, Kemahasiswaan, dan Publikasi itu juga menyinggung pendaftaran yudisium pada peserta dari semester akhir. Mengingat beberapa waktu lagi pihaknya akan membuka pendaftaran yudisum mahasiswa.

"Tinggal daftar yudisium bagi yang sudah melakukan ujian skripsi. Daftar Yudisiumnya di SiAdab. Syaratnya harus menginput judul, KRS dan tentu sudah terdaftar di SiAdab. Bagaimana bagi yang belum bisa. Nah, disosilisasi ini anda (mahasiswa, red) akan mendapatkan informasi tersebut," jelasnya.

Diakuinya, diawal-awal transmigrasi data pihanya menemukan banyak kendala. Tetapi pihaknya optimis, mahasiswa yang semuanya berasal dari kalangan gen-Z akan sangat mudah beradaptasi dengan menu yang tersedia di sistem.

"Awal-awal kita kenal, cari link susah, kadang bermasalah. Sangat banyak menunya. Bagi mahasiswa gen-Z, tentu akan sangat mudah menotakatiknya. Silahkan ikuti dengan baik. Setiap kampus memiliki aturan yang seperti ini, agar membantu pelaksanaan admistrasinya. Kelemahan, ya harus memiliki fasilitas pendukung berupa android dan komputer. SiAdab bisa juga untuk proses perkuliahan. Secara admistrasi, mahasiswa sangat terbantukan. SiAdab sistem "pesawat" Yang mengantar data kita semua civitas akademika Tamsis, ke PDDikti (pangkalan data perguruan tinggi, red)," jelas Syarif. 

Dirinya menambahkan, bahwa mahasiswa harus mampu mengukur kualitas diri dengan mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan hibah hibah lain di Kemdikbudristek. Menurutnya, sangat banyak ajang perlombaan dan hibah yang dapat diikuti oleh mahasiswa sebagai Langkah untuk mengupgrade kemampuan diri.

"Mahasiswa harus mampu ukur kualitas dengan ikut program hibah dan yang lainnya di kementerian. Perbanyak diskusi ilmiah, baca buku, buka les privat, dan aktifitas yang positif lainnya. Ayo menjadi mahasiswa yang baik dengan terus belajar. Prodi PGSD, menjadi titik tumpuan untuk penguatan literasi dan numerasi. Bisa dicari tahu dan diikuti atau ajak bermitra dengan dosen," pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang digelar oleh Prodi PGSD STKIP Taman Siswa Bima itu menargetkan semua mahasiswa lingkup Prodi. Mengundang pengelola SiADAB, Anisah, M.Pd., dan Fatmah, M.Pd., kegiatan dibagi menjadi di dua tempat; Kampus 2 dan Kampus Induk. (Ris)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.