Peluncuran Pilkada 2024 di Kabupaten Bima Berlangsung Meriah, Ketua KPU Jelaskan Definisi Maraso dan Apresiasi Kinerja TNI-Polri

Peluncuran Pilkada Kabupaten Bima Tahun 2024 
Visioner Berita Kabupaten Bima-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Taman Panda, Kecamatan Belo, Sabtu (25/5/2024). 

Acara peluncuran tahapan Pilkada yang diawali dengan jalan sehat diikuti jajaran KPU Kabupaten Bima, Bawaslu, Kapolres, Kajari dan unsur Forkompinda dengan titik start dari Kalaki sampai di Taman Panda.

Dilokasi acara turut pula hadir, Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri dan Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Putera Feriyandi.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin menyampaikan seperti kita ketahui bersama, bahwa tahapan pesta demokrasi, Pilpres dan Pileg kemarin begitu banyak menguras energi seluruh masyarakat.

Kemudian kini dilanjutkan dengan Pilkada serentak Tahun 2024, yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Bima.

Pada kesempatan itu disampaikan pula, bahwa tahapan Pilkada serentak sudah dimulai. Kemarin telah dibentuk badan adhock penyelenggara tingkat kecamatan atau PPK.

Kemudian hari ini dilanjutkan dengan pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat Desa.

Disampaikan pula, selain louncing Pilkada serentak, juga dirangkai dengan louncing maskot Kuda Bima dan jinggel Pilkada.

Sementara untuk Tema masih seperti lima tahun lalu, yaitu " Maraso" yang didefinisikan Mandiri, Akuntabel, Responsif, Sinergisitas dan Objektif.

Melalui peluncuran maskot, tema dan jinggel hari ini dengan harapan siar pilkada serentak lebih luas ke tengah masyarakat.

"Kita berharap proses demokrasi pilkada serentak kerja kolaboratif kita semua, sehingga bisa terlaksana dengan aman dan damai," harapnya.

Tambahnya, tak lupa ucapan terimakasih pada seluruh elemen masyarakat dan terutama Pemkab Bima, Polri-TNI sudah membantu mengawal pelaksanaan pileg dan pilpres kemarin dengan sukses.

Termasuk harapan untuk Pilkada serentak dapat dibantu agar juga dapat terlaksana dengan sukses.

"Kami berharap, dengan diluncurkannya tahapan Pilkada ini, partisipasi masyarakat dalam pemilu akan semakin meningkat. Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusivitas dan turut serta dalam mensukseskan Pilkada yang jujur, adil, dan demokratis," terangnya.

Sementara Bupati Bima, Indah Damayanti Putri dalam sambutannya hanya meminta Pilkada serentak dapat terlaksana dengan aman dan sukses layaknya tahun kemarin.

Serta status zona hijau dapat dipertahankan dan tidak lagi dicap bahwa pilkada kabupaten bima zona merah.

"Bagi saya, waktu berjalan begitu cepat, tahun ini kami akan akhiri massa jabatan kami sampai dilantiknya bupati dan wakil bupati baru," ujarnya.

Ucapan terimakasih pada jajaran KPU dan Bawaslu serta unsur TNI-POLRI sudah bersama dalam mengawal penyelenggaraan Pilpres dan Pileg sehingga kemarin dapat berjalan aman dan sukses.

Sekretaris KPU Provinsi NTB, Asep Suhlan menyampaikan, bahwa louncing pilkada serentak 2024 merupakan bagian dari pelaksanaan pilkada serentak 2024.

Pelaksanaan peluncuran tahapan hari ini jadi peran serta kita bersama mensukseskan pilkada, oleh karenanya sangat penting melibatkan Forkompinda, Pemda, pimpinan parpol dan seluruh elemen masyarakat.

Harapannya, setiap tahapan pilkada disampaikan dan sosialisasi seluruh masyarakat agar masyarakat dapat informasi benar terkait penyelenggaraan pilkada.

Seperti jadwal dan tahapan dan dalam waktu dekat, tahapan pemuktahiran DPT, pendaftaran, penetapan calon, kampanye dan pemilihan.

Tujuannya hanya satu, pelaksanaan pemilu yang bebas, jujur dan adil dan dalam konteks pilkada sesuai dengan tema yang diusung.

Terus tingkatkan sinergisitas dengan aparat  untuk keamanan pelaksanaan pilkada.  

"Kami sebagai penyelenggara ditingkat provinsi sampaikan apresiasi pada Pemda Bima, Forkompinda sudah dukung jalannya pilkada bima 2024 sesuai ketentuan perundang-undangan berlaku," tandasnya.

Selanjutnya peluncuran Pilkada 2024 ini secara simbolis dilakukan dengan penabuhan rebana oleh Bupati Bima, Ketua KPU Kabupaten Bima, Sekretaris KPU Provinsi NTB, Kapolres Bima, serta Ketua Bawaslu Kabupaten Bima. Tabuhan rebana dilakukan 27 kali, sesuai tanggal berlangsungnya Pilkada pada 27 November mendatang.

Setelah itu juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize yang membuat suasana semakin hangat dan penuh kejutan. Berbagai hadiah menarik seperti TV 32 Inci, peralatan rumah tangga, dan voucher belanja dibagikan kepada peserta yang beruntung. Doorprize ini tidak hanya menjadi daya tarik, tetapi juga apresiasi KPU kepada masyarakat yang berpartisipasi dalam acara tersebut. (Ris)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.