Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan, Mahasiswa KKN-T STIE Bima Desa Panda Kenalkan Produk Hasil Olahan Sendiri

Foto Mahasiswa KKN-T MBKM STIE Bima Desa Panda

Visioner Berita Kabupaten Bima-Kelompok 2 Mahasiswa KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) STIE Bima Angkatan XXI Desa Panda Kabupaten Bima NTB, kembali menggelar seminar dan pelatihan kewirausahaan dengan tema "menciptakan jiwa kewirausahaan yang inovatif dan kreatif dengan melihat dan memanfaatkan potensi lokal" bertempat di Kantor Desa Panda, Kamis (14/9/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa (Kades) Panda, BPD, Dinas Koperindag Kabupaten Bima, Akademisi STIE Bima, Pemuda dan masyarakat setempat (khususnya ibu-ibu PKK).

Ketua Posko KKNT-MBKM KKN STIE Bima Desa Panda, Ubai Dillah menyampaikan seminar wirausaha ini dihelat sebagai langkah kerja nyata mahasiswa yang melaksanakan KKN bersama masyarakat, agar bisa menciptakan jiwa kewirausahaan yang inovatif dan kreatif dengan melihat dan memanfaatkan potensi lokal.

"Seminar kewirausahaan selain memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai creative business dan cara membuka peluang pasar, tapi juga bertujuan untuk mengenalkan produk-produk hasil inovasi dan olahan mahasiswa STIE Bima dengan memanfaatkan potensi yang ada di Desa Panda," katanya.

Seminar di Kantor Desa Panda

Lima produk yang dihasilkan yaitu sambal ikan teri, kerupuk ikan teri, chips rumput laut, stik rumput laut, stik jagung dan dodol rumput laut.

"Melalui seminar ini, masyarakat diharapkan bisa mengembangkan pengolahan potensi laut tersebut menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis dan dapat dikenal luas," terangnya.

Sementara Kepala Desa Panda, Muhammad Sa'id mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN STIE Bima kelompok 2 Desa panda yang telah menyelenggarakan kegiatan seminar dan pelatihan kewirausahaan.

Kades berharap kehadiran mahasiswa KKN dapat memberikan perubahan bagi Desa Panda, sehingga masyarakat mampu mengolah serta mengembangkan produk yang telah di rencanakan dan dibuat oleh mahasiswa KKN STIE Bima.

"Semoga kehadiran mahasiswa KKN ini memberikan perubahan nyata bagi Desa Panda, sehingga kedepan hasil potensi laut di desa ini bertambah nilai ekonomisnya,” harap kades. (Fahriz)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.