Bersaing Dengan Perguruan Tinggi se-Indonesia, STIE Bima Lolos di Program Wiradesa

Foto Ketua STIE Bima Bersama Sang Istri.

Visioner Berita Kota Bima-Dari berbagai Perguruan Tinggi (Se-Indonesia) yang bersaing dalam kompetitor nasional, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima berhasil menjadi satu-satunya PT di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang lolos di program Wirausaha Desa (Wiradesa). 

Atas capaian ini, Ketua STIE Bima Firdaus membenarkan perihal prestasi gemilang yang diraih oleh kampus STIE Bima, Rabu (28/7/2021). Bahkan Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, I Nengah Dasi Astawa langsung menyampaikan ucapan selamat kepada STIE Bima.

“Dari 5 perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah VIII, khusus di NTB kampus STIE Bima yang lolos,” ungkapnya pada wartawan dengan rasa bangga.

Dijelaskan Firdaus, program Wiradesa selaras dengan visi besar Kampus STIE Bima, yaitu menciptakan wirausaha-wirausaha hebat yang mampu bersaing dimanapun dan kapanpun.

"Prestasi ini akan kami pertahankan. Selain itu kami akan terus mendorong dosen dan mahasiswa untuk terus memaksimalkan potensi yang ada, terutama dalam bidang entrepreneurship," kata Mantan Ketua HIPMI Kota Bima ini.

Lanjutnya, program Wiradesa pada esensinya sudah dilakukan pihaknya selama ini. Hanya saja dilakukan secara mandiri melalui program lembaga yang dia pimpin, belum terkoneksi melalui kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda).

"Semoga kedepannya dengan program Wiradesa ini, dapat menjadi aplikasi teori yang dipelajari selama ini,” imbuhnya.

Firdaus juga mengaku selama ini memang konsen dalam bidang entrepreneurship. Terbukti banyak pembinaan dan event entrepreneurship yang dilakukan, bisa dua sampai tiga kali setahun.

"Ini wujud nyata kami dalam membangun sumber daya manusia di NTB khusunya di Bima," jelasnya.

Secara terpisah, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIE Bima Muhajirin menyampaikan hasil tersebut diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) RI pada Jum'at (23/7/2021) lalu.

"Dari seluruh jumlah PT se-Indonesia yang menjadi sasaran program Wiradesa Tahun 2021, hanya 81 PT yang diterima. Salah satunya kampus STIE Bima," ungkap Muhajirin.

Muhajirin mengatakan, pada persaingan kompetitor itu, Kelompok STIE Bima mengusung judul proposal pemberdayaan usaha generasi milenial pesisir dan istri nelayan berbasis aneka olahan ikan tuna untuk mewujudkan UMKM unggulan dan berkelas di Kelurahan Kolo, Kota Bima. 

"Proposal tersebut diajukan pada bulan Juni 2021 lalu, dengan dosen Pembimbing Nurul Huda," katanya.

Ia juga menjelaskan, program Wiradesa merupakan program pembinaan kewirausaha di Desa. 

"Kegiatan itu dilaksanakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi kemahasiswaan (Ormawa) dengan satu orang dosen pembina," tuturnya.

Peserta wirausaha itu terdiri dari 5-10 mahasiswa. Karena dalam persyaratannya, tim wiradesa akan membina beberapa kelompok usaha yang ada di masing-masing desa yang dipilih.

"Awalnya, Tim dari STIE Bima mengirim 11 proposal yang diajukan pada program Wiradesa. Namun, pada proses seleksinya yang ketat, hanya 1 proposal saja yang lolos seleksi," pungkasnya. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.